Thursday 2 August 2012

SELF TITLED

Masa depan itu memang misteri tidak ada yang tahu bagaimana nasib seseorang kedepannya hanya Allah SWT yang mengetahui rahasia kehidupan di dunia yang fana ini . perjuanganku untuk masuk dikampus plat merah ini contohnya tidak ada yang menyangka aku bisa masuk di sekolah kedinasan favorit ini termasuk aku sendiri.perjuangan ku untuk bisa masuk kampus STAN cukup panjang dan melelahkan hehe.

Bermula saat aku masih duduk dikelas 3 SMA,aku mempunyai angan-angan untuk bisa masuk kampus STAN. Karena pada saat itu teman akrab yogi nama nya yang setahun diatasku berhasil masuk kampus ini padahal dia mengikuti USM STAN hanya untuk coba-coba spekulasi  jika tidak lolos dia ingin bekerja . Nah, saat ada berita teman sekampung berhasil lolos USM itu berita sangat menggembirakan dan menjadi bahan pembicaraan di kampung kurang lebih seperti ini "ohh yang masuk STAN itu anaknya pak bambang yaa,wahh hebatt yaa pasti belajarnya rajin kan masuk kampus itu sangat susah " itu sepenggal obrolan warga kampung ku :D dam masih banyak lainnya wkwk . Enak sekali yaa jika aku menjadi dia wuahh di elu-elukan semua orang haha kata hatiku pada saat itu. STAN merupakan sekolah tinggi kedinasan di Indonesia dibawah kementrian keuangan dan merupakan tujuan favorit para siswa yang lulus SMA. Mengapa harus STAN?? yeahh tujuan kebanyakan orang masuk sini adalah setelah lulus langsung kerja di lingkungan Kemenkeu dan gaji yang lumayan lah untuk ukuran PNS jadi kita tidak usah capek-capek cari kerjaan karena langsung ditempatkan di instansi- instansi Kemenkeu. Virus ingin masuk kampus ini mulai menyebar saat berlangsungnya UN, waktu itu aku seharusnya belajar fisika namun aku malah mengerjakan soal-soal USM tahun lalu hehe kemudian malam harinya pergi ke rumah yogi untuk curcol masalah USM. Dia heran mengapa disaat yang lainnya sibuk mempersiapkan buat UN sebaliknya aku malah sibuk meminta bantuan untuk mengerjakan soal USM yang belum aku mengerti lalu yogi memberi wejangan kepadaku untuk fokus dulu ke UN nanti masalah soal usm stan di pikirkan setelah selesainya ujian.


Seiring berjalannya waktu ujian nasional selesai,aku mempersiapkan diri untuk usm stan tahun 2010.Soal-soal dari tahun sebelumnya sudah aku lahap semua sudah aku kerjakan dengan semangat berharap dengan selesainya soal-soal tadi aku mempunyai bekal yang cukup untuk menghadapi usm stan. Namun itu semua bukan menjadi jaminan rasa percaya diriku meningkat,aku langsung mendaftar di sebuah bimbel bonafide di kota jogjakarta kebetulan saat itu lokasi test deket dengan bimbel dimana aku daftar. 2 minggu belajar disana dijejali segala jenis tipe soal dengan trik-trik jitu oleh mentor.

Hari yang ditunggu itu pun tiba,berangkat dari rumah naik prameks dengan ditemani kakak menuju lokasi test. 180 soal harus dikerjakan dalam jangka waktu 150 menit yeahh target aku pribadi tidak sampai 2,5 jam dapat menyelesaikan soal-soal tersebut berbekal rasa percaya diri berkat belajar secara otodidak ditambah mengikuti bimbel. Namun maksud hati ingin seperti itu tapi tangan tak sampai apa boleh buat harapan tak sesuai kenyataan aku hanya mengerjakan 40an soal di soal bahasa inggris kalau untuk soal yang TPA bisa lah. Keluar dari tempat ujian dengan sedikit rasa kecewa pulang dengan rasa gundah gulana :D. yosh pengumuman usm tiba,aku mempersiapkan diri untuk ke warrnet dengan mengemban satu harapan lolos ustarm. Jegeeeerrr namaku tak ada dalam daftar nama-nama yang beruntung sontakk saat itu tubuhku menjadi lunglai tak tahu sebabnya padahal sebelumnya sudah makan hehe.Pulang ke rumah disambut Ibu yang bertanya "piye hasile gil? lolos??" waduh berat sekali menjawab pertanyaan beliau "ndak lolos bue". ibu dengan bijak menasehatiku yang intinya suruh mencoba lagi kan masih ada tahun depan . Seketika itu juga air mataku jatuh tak terbendung membasahi pipi :'( . ohh ya sebagi catatan waktu itu aku hanya mencoba stan saja tidak dengan pmdk,simak,atau jalur lainnya tetapi sebelumnya aku sudah diterima di ipb bogor namun tidak aku ambil dengan pertimbangan2 yang matang tentunya. untungnya saat itu masih ada sekolah kedinasan yang masuh buka STPN yang ada di yogyakarta,lulusan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional ini nantinya bisa bekerja di Badan Pertanahan Nasional .Pendaftaran ditemani oleh bapak pada waktu puasa saat itu karena belum tahu lokasi sekolah ada dimana kami muter-muter di jogja lumayan menguras tenaga  lah. setelah lokasi ketemu kemudian besoknya tes dan pada waktu pengumuman tidak lolos hell yeahh man sudah jatuh tertimpa tangga pula ipb aku lepas stan juga melayang stpn keluar dari genggaman namun aku harus menerima kenyataan yang pahit ini.


Aku memutuskan untuk tidak kuliah dulu istirahat 1 tahun di rumah untuk membantu pekerjaan ortu walaupun setelah di jalani aku hanya merepotkan kedua orangtuaku saja hehe.Selam 1 tahun itu aku mempersiapkan segalanya dengan menargetkan harus kuliah dengan biaya yang sedikit kalau bisa gratis,yeahh hampir semua sekolah tinggi kedinasan di Indonesia aku telusuri  untuk mencari tahu informasi pendaftaran mahasiswa baru. Setelah eksplor sekolah kedinasan yang ada di internet,beberapa sekolah masuk dalam terget list ku diantaranya STSN(sekolah tinggi sandi negara) yang ada di bogor, STIS(sekolah tinggi ilmu statistik) yang berada di jalan otista jaktim, AMG(akademi meteorologi dan geofisika), STP (sekolah tinggi perikanan) yang berlokasi di Pasar Minggu,Jaksel. STTD (sekolah tinggi transportasi darat) yang berada di Bekasi,Jabar. kemudian yang terakhir STAN pastinya .

yeahh perjuangan dimulai dengan mencoba peruntungan di STSN Bogor. Kalau tidak salah seingatku sekolah ini memiliki 6 tahap penyaringan (banyak kali). Ok tahap pertama soal tpa dan bahas inggris lancar jaya,kemudin lanjut tahap berikutnya tahap psiikotest,berbeda dengan psikotest di perguruan tinggi lainnya di sini kita dituntut fokus pada soal ditambah dengan gangguan bass drum,snare drum,crash simbal oleh senior di situ. kronologinya seperti ini awalnya biasa saja semua berjalan normal lalu entah dari mana asalnya mereka datang tiba-tiba dari berbagai arah dengan membawa peralatan tadi membunyikan dengan keras dan berteriak-teriak layaknya orang yang mau membangunkan orang untuk sahur haha . awalnya menganggu memang namun lama-kelamaan aku menikmati musik distorsi yang mereka ciptakan dengan ketukan dan tempo yang amburadul aku mencoba beradaptasi dengan keadaan tersebut padahal waktu itu sedang mengerjakan pauli test yang harus membutuhkan konsentrasi yang penuh lengah sedikit perhitungan akan salah.

Pengumuman tahap psikotest tiba ,alhamdulillah namaku tercantum nah, saat itu aku optimist yakin sekali bakalan lolos tahap selanjutnya dan menjadi mahasiswa stsn yang pendidikannya itu semi militer :cool man . Pada saat ibu tahu aku lolos tahap ini, ibu ingin menemani aku ditahap berikutnya yaitu tahap kesehatan dan kebugaran . yahh semakin bertambah rasa percaya diriku dengan ditemani ibu. Hari itu tiba, pertama tes kesehatan setelah semua di cek mata,tinggi badan,berat badan,thorax,gigi,telinga semua normal tak ada masalah hanya mataku telah minus.Setelah itu hari berikutnya tes kebugaran tes yang sesungguhnya tapi aku ragu pasalnya belum ada persiapan sama sekali .kekhawatiranku terwujud untuk lari selama 10 menit aku hanya mendapat 3 putaran terus pull up selama 1 menit hanya mendapat 3 kali lalu push up selama 1 menit hanya mendapat sekitar 27 kali setelah itu dilanjut sit up aku mendapat 42 kali lumayan lahh untuk sit up hehe kemudian yang terakhir shuttle run lari membentuk angka 8 tidak tahu pasti berapa waktu yang aku peroleh yang diutamakan itu kegesitan dan kecepatan sepertinya untuk ini aku cukup puas :D .test kebugaran selesai tinggal menunggu pengumuman . pengumuman pun tiba namun siall aku tidak lolos tahap ini pupus sudah harapanku yang telah membuncah untuk menjadi mahasiswa di sekolah ini. Padahal Ibu sudah jauh-jauh datang hanya untuk mensupport aku tapi aku gagal maafkan aku bu aku telah mengecewakan ibu. jadikan kegagalan  ini sebagai pengalaman hidup,tenang masih banyak kesempatan lainnya yang sayang jika dilewatkan keep move on !

STIS menjadi target selanjutnya,sepertinya sekolah ini cukup menantang dilihat dari tipe soal yang diujikan.soal matematikan nya luarr biassa ngerrinya. saat latihan mengerjakan aku hanya bisa menyelesaikan beberapa soal saja saya menyangsikan dapat lolos untuk tahap pertama. yang ada di kepalaku yang penting kerjakan semua nya jangan ada yang tersisa,semua soal aku kerjakan banyak sekali yang gambling hehe.saat pengumuman tiba ternyata aku lolos tahap pertama cukup mengejutkan memang sungguh diluar dugaan dari yang diperkirakan.lalu tahap selanjutnya yaitu tahap wawancara,sebelumnya aku belum pernah sama sekali diwawancarai jadi aku belum punya pengalaman yang cukup untuk wawancara . Saat dihadapkan dengan ibu pewawancara awalnya basa-basi saja apa yang ditanyakan beliau  masih easy lah, setelah itu baru wawancara sesungguhnya dimulai pengalaman berorganisasi,wawasan nusantara,pancasila dan UUD 1945 edaaan apa memang aku bukan warga negara yang baik atau pertanyaan nya yang kelewat susah aku dibuat mati kutu lewat pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan haha aku hanya bisa memandang jendela seolah-olah sedang berpikir sesekali juga garuk-garuk kepala padahal sebelum berangkat perasaan sudah shampoan hehe atau ruangan wawancara yang kotor berdebu yang membuat rambutku terasa gatal halaahh.yang menarik pada waktu ditanyai bagaimana saat anda berdiskusi dengan lawan gender??(aduh mengapa kata yang dipakai lawan gender bukan wanita,perempuan,cewek,awewe #ngaco) ehmm lawan gender ya bu? (tik tok tik tok ) asyikk juga si bu #sambil mesem :) ibunya langsung geleng-geleng kepala sembari membubuhkan tanda tangan di form ku dan berkata "yaa semoga kamu bisa lolos tahap selanjutnya yahh" langsung aku jawab "amiin bu" . keluar dari ruang wawancara dengan kepala tertunduk masih memikirkan pertanyaan terakhir yang aku jawab dengan enteng "lhah kok aku jawabannya kayak gitu kenapa bukan lainnya "pikirku ahh sudahlah yang lalu biarlah berlalu setelah berusaha sekarang tinggal tawakal serahkan semuanya kepada Allah SWT semoga memberikan yang terbaik. Pengumuman wawancara pun tiba,namun aku tidak bersemangat seperti biasanya masih teringat dengan wawancara waktu itu,,dan hasilnya bisa ditebak kau tak lolos tahap ini dan untuk kedua kalinya aku harus mengubur mimpiku untuk menjadi mahasiswa plat merah.saat itu juga aku memberitahu berita ini ke Ibu namun diam-diam beliau sudah mengetahui hasilnya setelah diberitahu oleh kakaku yahh sudahlah itu lebih baik . Eeits masih ada yang lain STP, AMG, dan STTD #ganbatte.

Perjuangan selanjutnya mencoba peruntungan di AMG yang berlokasi di jakarta selatan lokasinya dekat dengan kampus STAN . Pendidikan dikampus ini tidak jauh beda dengan di STSN bogor yang semi militer dengan ciri khas rambut cepak tubuh tegap dan muka sangar rawwrr. jurusan yang dibuka seperti meteorologi,geofisika,instrumentologi jadi beda tipis ya dengan pekerjaan sang pawang hujan hahaha just kidding mas bro :D . Banyak aku temukan soal yang ada kaitanya dengan hujan,iklim,cuaca, kelambaban udara wahh merepresentasikan pekerjaan lapangan nantinya excellent lah. Soal aku kerjakan semuanya dengan tingkat kesulitan normal tidak seperti soal usm stis hehe.Namun pada saat pengumuman ternyata aku tidak lolos tahap pertama wahh ini berarti untuk pertama kali gagal ditahap pertama setelah pertarungan di sekolah kedinasan sebelumnya. Kegagalan ini menular saat aku mendaftar di Sekolah Tinggi Perikanan di Pasar Minggu tanpa perlawanan aku gagal di test tahap pertama tapi untuk yang di stp ini cukup dimaklumi karena sebagian besar soal yang diujikan itu soal fisika,kimia,biologi pada waktu aku masih duduk di kelas 1 sma jadi agak lupa-lupa ingat lahh. kemudian untuk STTD di Bekasi tidak jadi ikut test lantaran satu dua hal yang membuat aku mengurungkan niat untuk menjalani test di sana .ohh ya aku juga sebelumnya ingin sekali masuk di STTN di jogja karena syaratnya yang mudah hanya berbekal nilai di Rapor yahh aku rasa bisa lolos jika hanya berdasarkan nilai rapor kan nilai raporku lumayan bagus hehe namun keinginanku tidak direstui oleh ortu terutama Bapak.Alasan beliau nanti jika bekerja di Batan resikonya terlalu tinggi, sepertinya bapaku habis nonton TV yang beritanya pas saat itu meledaknya reaktor nuklir di jepang  -_- " . Aku juga sempat  mendaftar di ITB jalur beasiswa D3 meteorologi dan geofisika lolos syarat administrasi namun tidak meneruskan ke tahap test tertulis karena saat itu jadwal yang berbenturan dengan test tahap kesehatan dan kebugaran di STSN dan aku lebih condong ke stsn nya lantaran tinggal menyisakan beberapa tahap saja dan keinginanku dipahami oleh orang tua.Namun pada akhirnya stsn gagal ya sudahlah mungkin belum jalannya.

Setelah mengalami beberapa kegagalan tersebut sempat terpikirkan olehku untuk mengakhiri semua pertarungan mencari sekolah kedinasan . target list ku hanya tinggal satu STAN belajar dari pengalaman untuk tidak bergantung pada satu tujuan saja,lalu aku memutuskan untuuk kuliah terlebih dahulu di Universitas Muhammadiyah Purworejo mengambil jurusan Bahasa Inggris sembari menunggu pengumuman usm stan. Tanggal 21 juli 2011 pengumuman dibuka yang menarik disini stan hanya membuka utuk Diploma 1 Keuangan saja tidak ada D3 seperti tahun lalu aku mencoba tapi itu tidak menyurutkan semangatku untuk kembali menaklukan soal-soal usm stan. memilih tempat lokasi ujian di Jakarta tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno mengapa tidak di Jogja?? untuk mencoba peruntungan baru haha dan juga biar sekalian mengobok-obok Jabodetabek,Semangatku terbakar seiring perjuanganku yang belum membuahkan hasil .Test tahap pertama berlangung pada waktu puasa yaa lumayan menguras tenaga dan pikiran anggap saja tantangan laah,aku berada di tribun atas kurang tau disektor mana dan pintu berapa. Oh ya
btw jika bicara soal pintu dan sektor stadion GBK ada kejadian yang unik dan cukup menggelitik haha waktu itu setelah turun dari Bis yang jurusan ke Senayan lalu turun di halte ternyata halte tempat aku turun kelewat satu halte dari yang semestinya alias keblabasan yaa cukup jauh lah yang mengharuskan aku untuk berjalan untuk menuju jembatan penyeberangan. Setelah menyeberang sekarang tinggal menuju ke TKP wahh ternyata waktu survey ke GBK masuknya tidak lewat sini dah tambah jauhh terus bertemu dengan abang ojek awalnya aku menolak setelah melihat jalan yang harus aku lalui masih panjang berliku-liku hehe aku putuskan untuk balik dan meminta jasa tukang ojek . Sialnya aku salah ngasih informasi ke abang ojek mana yang pintu dan mana yang sektor hahaha maklum baru pertama ke GBK ya waktu tes usm stan Alhasil muter-muter di GBK setelah mengklarifikasi akhirnya sampai juga haha habis itu di kasih petuah dari abang ojek nya " Mas sektor sama pintu itu beda lain kali harus teliti lagi ya kalau ke sini lagi jangan ngrepotin orang lain " wkwkwk asli lah pengen ngakak apa ini pertanda kalau usm stan kali ini bakal menerima hasil yang sama seperti tahun lalu wallahu alam . Setelah duduk manis lalu  mempersiapkan alat-alat tulis nunggu dibagiin soal usm entah mengapa aku mengerjakan tanpa beban mengalir begitu saja tidak terlalu dipikirkan masalah benar atau tidak jawaban yang aku pilih yang terpenting yakin aja lah . 150 menit waktu berlalu dan alhamdulillah semua soal berhasil aku kerjakan setelah itu berdoa dan tanpa basa-basi keluar dari stadion dan pulang mengingat aku puasa jadi tak mau membuang energiku sia-sia disana dengan membahas soal-soal tadi dengan peserta usm lainnya . pulang tidur dan menunggu waktu berbuka hahaha.

Sambil menunggu  pengumuman usm Kurang lebih sekitar 3 bulan aku menimba ilmu di kampus UMP tercinta teman-teman baru baju baru( ga lah hehe),stelah menunggu berminggu-minggu akhirnya keluar pengumuman tahap pertama saat itu aku masih kuliah makul agama berhubung dosen belum datang aku menyempatkan untuk membuka situs stan.ac.id dengan meminjam laptop teman dia bertanya "mau buat apa?" liat pengumuman stan" oh kamu ikut usm stan?" "yoi bro", dengan rasa deg-degan mulai meneliti nama-nama yang beruntung  setelah sekian lama mencari ahh sedikit pesimis namaku tak ada lalu teman yg ada disamping " udah sabar cari aja dulu kan belum semua kan itu pengumuman daftar namanya" aku jawab "iyaa tapi ini tinggal dikit lagi gan" Jreengg secerca harapan muncul ketika namaku ada lalu aku pastikan dulu mana tahu nama dody herlambang itu ada ratusan di Indonesia hehe langsung ambil kartu bpu dan mencocokan nomor yang tertera di kartu dengan yang ada di pengumuman jegerrr benar-benar sama haahh seketika itu berita aku lulus tahap pertama mulai menyebar di kelas wkwkw Alhamdulillah lolos sesampainya  dirumah menyampaikan berita ke ortu lalu mempersiapkan diri untuk tes kesehatan dan kebugaran sore nya langsung lari-lari belajar dari pengalaman pas tes di stsn payah sekali aku waktu itu dan berharap ini tidak terulang kembali untuk kedua kalinya aku harus mempersiapkan segalanya karena kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. Pagi dan sore lari sejauh yang aku mampu dengan semangat membara melahap trek di jalanan haha.Beberapa kalli latihan membuat stamina ku semakin terjaga dan berkeyakinan pasti lolos ! Tes dilaksanakan di Rawamangun tempat diklat Bea dan cukai di Jakarta. sesuai ekspektasi dalam jangka waktu 10 menit berhasil memperoleh 5 putaran hampir 6 malah sedikit lagi tinggal beberapa langkah dari titik start saat peluit akhir tanda waktu sudah habis . setelah itu dilanjut dengan lari membentuk angka 8 atau yang lebih dikenal dengan shuttlu run, tahap ini aku mencatatkan waktu lumayan cepat tak tahu detailnya berapa hanya feeling aja sih hehe.setelah semua tahap kesehatan dan kebugaran usai terus pulang dijalan hanya bisa berdoa dan pasrah atas apa yang telah aku lakukan . Alhamdulillah ucapan Syukur terus keluar dari mulutku ketika mengetahui aku lolos kembali ke tahap selanjutnya yaitu tes Asessment tes ini merupakan terakhir dari seluruh rangkaian tahap usm stan. Apa sih Asessment itu??kalimat itu terlintas dipikiran liarku wkwk setelah beberapa kali tanya sama mbah google assesment itu merupakan tes pengenalan potensi yag ada pada diri seseorang mengetahui secara mendalam apakah orang itu layak untuk menjadi mahasiswa stan yang nantinya akan menjadi CPNS di Kemenkeu. Kurang lebihnya sama lah dengan tes psikotest,tes wawancara dan saat itu yang diujikan dua duanya baik psikotest dan wawancara. Test psikotest biasa lah mengisi form yang isinya tentang data personal,pengalaman organisasi,kemudian prestasi yang pernah diraih yaah alhamdulilah aku isi semuanya lah biar mantapp hehe lokasi Assesment di Gedung Student Center STAN gedung itu baru lho menghabisakan sekian milyar gitu, itu yang aku denger dari kakat tingkat .Kemudian setelah selesai mengisi Form lalu dikumpulkan ke Panitia terus langsungf masuk ruangan untuk diwawancarai . Lumayan deg-degan ini kan kedua kalinya nih aku ikut wawancara  masak harus gagal lagi kayak di STIS dulu NO WAY! setelah dipersilahkan duduk lalu aku mencoba untuk tenang,rileks, tidak grogi karena akan nampak sekali ke gerogian seseorang saat wawancara.Beberapa pertanyaan diajukan aku jawab dengan yakin,intinya jangan mencoba berbohong seseorang yang berbohong kelihatan dari raut muka dan bicaranya yang menjadi gagap :D. oh ya itu wawancaranya direkam lho oleh ibunya katanya sih bukti yang menguatkan nanti jika ingin diklarifikasi. setelah keluar dari gedung SC rasanya lega sekali lancar juga ngomongnya hehe diluar aku telah ditunggu sama ibu,kakak sama keponakan yang selalu mendoakanku . JREENG pengumuman test Assesment berikut ini kami sampaikan nama-nama yang lolos tes assesment dan diharapkan calon mahasiswa melakukan  pendaftaran ulang pada tanggal yang telah di tentukan,, Alhamdulillah ya Allah lulus USM STAN setelah kegagalan demi kegagalan yang aku terima akhirnya Engkau tunjukkan jalan kepada hambamu ini ya Allah ,Engkau memang perancang skenario terbaik Thanks to Allah SWT terima kasih untuk kedua orang tuaku yang selalu mensupport dan tak henti-hentinya mendoakan anakmu ini dan untuk teman-teman juga yang telah mendoakan aku untuk bisa masuk kampus ini setelah satu tahun lamanya penantian ku akhirnya tercapai . Man Jadda Wa Jadda barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkannya sepertinya aku telah mengaplikasikan pepatah arab yang mempunyai makna mendalam ini.

Jadi pada intinya apabila kita bersungguh-sungguh,maka kita akan mengalahkan rasa malas yang menghambat untuk bergerak,kita tidak akan mudah berhenti terus berpikir kreatif mencoba dan mencoba sampai kita menemukan jalan yang tepat. Apabila kita bersungguh-sungguh kita akan berusaha melengkapi apa yang menjadi kekurangan kita untuk mencapai tujuan besar,kita akan mencari cara untuk mengatasi rintangan yang menghadang didepan kita, dan terakhir terus berusaha pantang menyerah kejar impian besar mu jangan takut bermimpi besar karena kesuksesan itu adalah hak kita semua .

7 comments:

  1. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. Perjuangannya panjang sekali ya kak..
    Tetep semangat walaupun sudah gagal beberapa kali, punya banyak pengalaman yg menginspirasi. Keren kan Dody! :)
    Terima kasih kak :)
    Oiya, kak Dody sekarang masih belajar di STAN ato udah ditempatkan bekerja?

    ReplyDelete
  3. kerenn dua jempol, sngat inspiratif,,, trims

    ReplyDelete
  4. Penempatan di mana skarang?

    ReplyDelete